Usus yang buntu #2

14/11/10 - Posted by Gilang Fathur at 13.35

Sampe mana tadi ? o iya ruangan USG


Di dalem ruangan USG gue di diemin, dingin ac, 15 menit kemudian dokter USG dateng. Biasa, dia ngajak kenalan dulu.


Si dokter ngeluarin alatnya dan pake sarung tangan biar gak flu burung (emangnya gue ayam jago), terus ngeluarin semacam odol bening gitu, odol itu diolesin ke alatnya.

Gue suruh nunjukin mana yang sakit, dan Crot!! Dingin!! Alat itu ditempelin ke badan gue, uh.. ah.. ehm.. JANGAN JOROK DULU!!!


Entah bagian apa aja bagian yang diperiksa, tapi yang pengen banget mukul tuh dokter pas bagian usus buntu gue.

“dok, pelan-pelan dok.” Kata gue sambil pengen nelen tuh dokter.

“ahhh, gak apa-apa kok mas, Cuma bentar kok.”

Kata “Cuma bentar kok.” Itu yang bikin gue pengen masukin ke kandang buaya. Padahal udah ampir setengah jam gue disitu.

Akhirnya beres juga. Gue pun keringetan.


Gue dibawa ke UGD lagi, dan si dokter yang mau bedah gue pun dateng.

Cara jalannya kaya orang beres disunat, kepalanya pitak, dan agak keturunan tiong hoa gitu.

Dia meriksa gue.

“bu, ini positif, besok operasi ya jam 8 pagi, mulai sekarang puasa.” Kata dia ke nyokap.


WHAT??? OPERASI????


Gue baru kali ini sakit separah ini, sampe di operasi segala.


Gue dibawa ke ruangan gue, di ruangan ruby timur kalo gak salah. Gue pun tidur.

Pagi harinya gue bangun jam setengah 7. Gue liat perawat-perawat yang manis-manis mondar-mandir kaya setrikaan.


Gue pengen mandi. Lalu ada perawat nyamperin.

“mas, mau di seka?” Tanya dia.

Gue masih bingung, apa itu seka?

“apaan mba seka?”

“di lap mas, mau gak?”

“oh iya boleh, tapi sama mamah ya.”

“iya boleh, tunggu sebentar ya.” Dia pergi ngambil tuh barang.


Gue pun di seka sama nyokap, trus disuruh pake baju buat operasi.


Gue pergu ke kamar mandi, dan ganti baju buat operasi. Buset, ini baju melorot-melorot mulu. Mana gue gak pake daleman lagi. Amboi tenan.


Gue balik ke ranjang, terus nyokap gue pulang dulu, katanya mau ngambil uang dulu. Tapi gue ditemenin kakak waktu itu.


Gue tiduran sambil denger lagu-lagunya Adhitia Sofyan di iPod. Dalam keadaan kritis gini, gue masih inget sama cewe yang baru aja gue keceng. Dia satu sekolahan. Pas malemnya gue wall dia di facebook, dia jawab singkat dengan satu kata “ya.” . dia belum tau gue yang mana, tapi gue janji kita bakal ketemu kalo gue udah sembuh.


O iya, waktu itu gue baru buka hape. Dan banyak banget sms yang nanya-nanyain gue. Gue gak sempet bales semua.

Tapi, waktu itu ada sms dari si aldy (temen smp gue) yang bikin gue terharu. Kurang lebih kaya gini smsnya:

“temen-temen mohon doanya, temen kita gilang fathur sakit usus buntu. Doain dia biar cepet sembuh, biar bisa ngehibur kita lagi. Cepet sembuh lang :)”

Sungguh baik dia, walopun dulu sering gue jailin. Hehe


Di twitter juga gitu, banyak yang mention gue, termasuk @adhitiasofyan yang sebelumnya gue mention kaya gini:

“nunggu operasi usus buntu sambil denger lagunya @adhitiasofyan . adem banget.”

Si @superdikka juga temen gue yang banyak mention gue di twitter. Ada juga @puterilp @ratnadzul @erienelien @sherlywitwit @wilyanisc @TiaraFMadyan . banyak dehhh


Lanjut ke cerita, gue ketiduran waktu itu. Rencananya yang mau operasi jam 8, jadi setengah 9.

Gak lama kemudian, ranjang gue digusur ke ruang operasi. Gue deg-degan. Nyokap gue masih di bawah waktu itu, gue ditemenin kakak gue.


Gue pun masuk ruang operasi. Banyak dokter bedah disana. Gue kedinginan gara-gara ac. Gue dipindahin ke ranjang yang berbeda.


Terus si dokter meriksa gue lagi. Dan gue kaget pas celana gue diperosotin. Udah tau gue gak pake apa-apa. Gue takut diapa-apain sama tuh dokter.

Ada dokter bedah yang satunya lagi deketin gue.

“mas, disuntik dulu ya, ini obatnya agak berat. Tarik napas mas.... ya, udah.”

Waktu itu gue gak ngomong, sebenernya gue pengen nendang tuh dokter. Tapi gue takut, ntar gimana kalo usus gue diganti sama usus ayam.


Setelah dikasih suntikan yang tadi, mata gue berat banget. Mungkin ini yang dinamakan bius. Tapi enak loh. Sumpah.

Gue liat si dokter utama suruh gue ngitung angka.

“ayo lang, 1..2..3”


Gue gak ngitung, tapi gue liat jari-jarinya ngacungin 123.

1.. mata gue jadi berat.

2.. mata gue jadi sipit.

3.. gue tidur gak sadarkan diri.


Hening...


Gue bangun, gue masih ada di ruangan deket ruang operasi. Nyokap gue disamping gue, sambil komat-kamit baca doa buat gue.

“gil, baca surat ayat kursi.”


Gue ngangguk.


Tapi, gue lupa lagi ayat kursi yang full. Hehe maklum masih gak konek. Tapi sekarang hafal kok.

Gue dibawa ke ruangan gue, dan tidur.


Dari sore sampe malem. Banyak yang jenguk gue, termasuk wali kelas gue, Bu Mimin.

“gilang, kenapa atuh?” kata bu mimin.

“ehehe, sakit bu.”

“kirain teh kemaren boongan sakitnya pas di kelas, kirain Cuma masuk angin.”

“ehehe, kalo masuk angin gak bakal dibawa ke rumah sakit bu.”


Bu mimin pun ngobrol sama nyokap dan pulang.


Pas malem, sekitar jam 8. Gue pengen pipis. Gue diambilin pispot sama nyokap. Nyokap gue nutup tirai, dan nunggu diluar.


Tapi gue udah paksa, belum keluar juga. Yaudah gue nekat aja ke kamar mandi. Dan bener, pas di kamar mandi baru keluar. Good boy !


Gue balik ke ranjang. Tidur.


Biasa, tiap pagi ada yang nawarin seka. Sekarang gue udah ngerti apa itu seka. Pas ada yang nawarin sekanya cantik, gue langsung semanget.

“mba, saya mau diseka.” Kata gue

“iya, tunggu ya mas.”

Lah, tiba-tiba yang seka gue berubah wujud. Dia jadi gendut. Dia bukan yang tadi gue minta. Ahhh, tapi tak apa lah, daripada nggak.


Gue udah bisa makan sekarang, tapi gue malah dikasih semacam bubur bayi, tapi ini susu. Cara minumya pake sedotan. *ya iyalah*

Rasanya gak enak, manis tapi eneg.

2 hari gue dikasih itu. Tapi gue gak nyerah, gue tetep bisa idup dengan makan itu.


4 hari gue disana, banyak cerita yang gak bisa gue lupain. Dari perawat cowo gue yang baik, sampe yang bencong. Dari yang cantik, sampe yang biasa aja. Dari makan bubur bayi, sampe bubur Rumah sakit yang enak banget.


Gue kapok ke rumah sakit lagi, mendingan dirumah aja. Bisa main Nintendo wii sambil makan es krim, bisa tiduran dikamar sambil dengerin lagu, bisa smsan sama cewe yang gue kecengin sambil ngupil.


Sakit itu gak ada yang enak, bersyukurlah kita masih bisa sehat, masih bisa makan enak. Banyak mereka yang sakitnya udah akut, masih dikasih obat warung. Gue bersyukur keluarga gue masih mampu. Gue jadi inget lirik d’masiv:


“syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah.”

Bagaimana?