Usus yang buntu #1

14/11/10 - Posted by Gilang Fathur at 13.46


Ini pengalaman gue pertama kalinya masuk rumah sakit, eh 2x deng, pas dulu taun 1995 gue dilahirin. Hehe

Perkenankan gue nulis pengalaman gue di operasi.


Hari sabtu itu, cuaca terasa biasa-biasa, hidup gue agak normal. Di sekolah kira-kira jam 8 perut gue mules banget, tapi sebelumnya gue fit, gue kira cuman masuk angin sih. Di kelas, gue Cuma bisa megang perut, sakit men. Gue pun cepet-cepet minta obat maag ke si hervie, soalnya gue juga waktu itu maag. Obat udah diminum, tapi tetep sakit, akhirnya gue ke pmr.


Di ruang pmr, gue di tidurin (astagfirullah). Maksudnya gue tiduran. Gue tiduran di kasur, langit-langit di atas kepala gue kebetulan bolong, jadi dingin banget. Gue pun minta yang anget-anget ke si hervie, kebetulan dia juga anak pmr. Si hervie pergi ke warung beli energen, sedangkan gue udah kaya orang sekarat di kasur.

“gil, nih energen.” Sambil ngasihin energen coklat.

“ahhh, saya lebih suka yang vanilla.” Kata gue sambil ngambil tuh energen.


Gue baru minum 1 sedot *srooot*, tiba-tiba gue mual, pengen berlian, eh pengen muntah. Gue coba nahan, tapi gak kuat. Gue pun pergi ke wc dibelakang deket sanggar pramuka, dan gue muntah disitu, kira-kira gue bolak-balik nyampe 3x. Gue pun nelpon bokap, dan dia nyuruh pulang aja.


Gue balik lagi ke pmr, tiduran sambil mikir(sambil megang perut pastinya) apa penyebabnya?

Apa gue salah makan? Perasaan enggak.

Apa karena tadi pagi di kelas gue dangdutan sama si fadli? Kayanya kurang logis.


Gue coba mutusin pulang. O iya, sebelumnya dikelas pas gue lagi mules. Ada wali kelas gue marah-marahin gue, soalnya belum bikin organigram kelas. Si ibu kayanya agak kesel liat omongannya gak di dengerin. Hehe. Dia juga ngira gue sakit boongan, Cuma masuk angin doang.


Lanjut lagi..

Gue coba mutusin pulang, gue ke piket sama si hervie. Berhubung daddy’s guru disana, jadi gak terlalu susah buat minta izin. Gue pulang dianterin si hervie, hari itu si hervie kaya asisten gue, o iya si hervie tuh km+temen sebangku gue. Pas nyampe depan gang rumah gue, gue minta brenti ke dia. Dan again! Gue muntah.

Dateng ke rumah muka gue pucet banget, kaya vampire twilight, kebetulan gue mirip Robert pattinson.

Gue cepet ngambil ember, buat kalo-kalo ntar gue pengen muntah. Si mamah kaget dengan keadaan gue saat itu. Kebetulan bokap gue lagi pergi ke orang meninggal. Si mamah langsung nelpon bina sehat, ternyata tutup lagi istirahat, baru buka lagi sore. Mau dibawa kemana gue? .


Gue dipijit sama bapo, enaaaaak banget! Mereka kira gue Cuma masuk angin. Soalnya kemaren sore gue ujan-ujanan abis pulang renang sama si tomy. Gue dikasih air teh, tapi keluar lagi. Jadi, makanan/minuman yang gue masukin ke mulut, pasti kira-kira 20 menit kemudian gue muntahin. lambung gue nolak.

Gue coba tiduran di sofa, paling gue Cuma bisa tidur 10 menit.


Sorenya gue ke bina sehat, klinik yang biasa gue kunjungin dari kecil, sampe-sampe apotekernya kenal. Nyampe disana, dokternya belum dateng. Gue udah lemes, badan gue udah dingin.

Disini semuanya diketahui..


Di ruang tunggu, gue coba tenang. Pas gue mau tumpang kaki, dan OUCH!! Perut-kanan-bawah gue sakit, gue coba ulangin lagi dan hasilnya sama. Ada yang gak beres nih. Gue coba cerita ke dokter. gue kurang beruntung saat itu, dokter gue cowo, gue paling suka dokter yang cewe waktu itu. Cantiiiiiiiiiiiiik banget, dokter lagi! Aduhai.

Dan bener aja dugaan gue, gue disuruh usg. Disuruh diperiksa usus gue, kirain usg itu Cuma buat yang hamil aja.

Bokap gue dipanggil, dan bener aja, di rumah, dia ngomong kalo gue harus ditindak lanjuti. Gue harus dibawa ke rumah sakit coy.


Sore itu langsung keluarga pada bingung, mau dibawa kemana gue? Ke rs mana? Yang satu suruh dibawa ke Rs. Soreang, tapi gue nolak, soalnya kurang funky. Yang satu ke boromeus, tapi gue nolak, soalnya katanya susternya pada galak. Yang satu suruh bawa ke Immanuel, tapi gue nolak, soalnya susternya udah pada tua. Akhirnya, gue sepakat dibawa ke Rs. Santosa.


Gue pun digendong sama uwa gue ke mobil, mobil pun meluncur, gue pun tetep kritis. Baru sampe jalan cirangrang (deket tol). Mobil gue mogok, kroook! Krook! Krook! *itu suara mobil gue pas di starter*

“ah, mogok nih” kata ipar gue

“yaudah nyari taksi aja” kata bokap gue sambil kebingungan


Sementara gue masih tidak sadarkan diri.


Tuhan masih mau nolong gue, malem itu langsung ada taksi lewat. Gue dibawa ke taksi.

Di dalem taksi bokap malah ngobrol sama si sopir. Sementara nyokap baca-baca ayat qur’an buat gue.

Nyampe di Rs jam 8 malem, gue langsung disambut, bukan pake ucapan selamat datang atau apa, tapi pake kursi roda. Gue pun naik kursi roda. Langsung dibawa ke UGD


Gue dibaringin di ranjang, tapi ranjang itu bukan pake kasur, tapi sejenis matras. Sambil gue berbaring, gue liat-liat sekeliling. Rumah sakitnya oke juga.

Lalu datang 2 perawat, yang 1 ngajak kenalan. Gue kasih tau aja nama gue gilang, tapi dia gak ngasih tau namanya. Rambutnya pendek, pake masker, kaya perawat biasanya deh.


“mas, minta tangannya.” Kata dia, dan gue julurin tangan gue.

“ini mba.” Kata gue sambil lemes.

Setelah itu dia pergi, jalannya lenggak-lenggok, dan datang 20 menit kemudian.

“mba, keputusan saya gimana?.”

“nunggu dokternya dulu ya mas.”


Pas dia lagi meriksa gue, gue gak sengaja liat name tag nya. Namanya TAUFIK !!!

Buset, orang yang daritadi gue panggil mba ternyata cowo yang agak ngondek cyin. Gue pengen ketawa, tapi sakit. Yaudah, gue ketawa dalam hati aja. (emangnya berdoa aja yang bisa?)


Lalu, dateng kakak sama cewenya gue yang tadinya mau nonton Resident Evil: After Life, tapi gak jadi karena gue dirawat.


Gue minta fotoin ke cewenya, sena namanya, dan disuruh di update di twitter. Intinya di mention ke si @superdikka (temen smp gue), biar temen-temen gue pada tau gue lagi kritis. *masih sempet ya gue narsis*

Jam 10 gue masih di UGD, gue pun di cek darah.


Jess! Croot! Jarum suntik dimasukan, dan nyedot darah gue.

“bu, ntar udah ini gilang kasih minum ya, air minumnya yang dari rumah sakit, soalnya mau diperiksa USG, ntar kalo udah mau kencing, beritahu ke depan.” Kata si mas Taufik ke nyokap.

Semenjak perkataan itu, gue disuruh minum. Gue kaya di glonggong, kaya sapi.


Gue mau pipis. Dan gue pun dibawa ke ruangan USG, gue kaya orang hamil saat itu.

Bagaimana?