Kataku Untukmu.

07/12/10 - Posted by Gilang Fathur at 00.39
Gue buat kata demi kata di post ini buat dia, yap dia..

bisa dibilang gue ini lagi galau lagi, cewe yang gue suka, yang belum sempet gue tembak, udah lupain gue. entah dengan alasan apa.

bener, gue emang bego. kenapa gue gak tembak dia dulu? kenapa gue lama-lamain hal itu?

setidaknya ini kata-kata yang pas bagi gue sekarang, "di dunia ini hanya 2 jenis manusia, yaitu laki-laki dan perempuan. laki-laki mencintai perempuan, namun perempuan tidak!" kata-kata itu gue dapet di film (500) days of summer.

hidup gue sama dia cukup lama. dari mulai makan bareng, pergi bareng. gue juga kayanya karma dari quotes ini, "perlu banyak waktu untuk mencapai keberhasilan, tapi hanya 1 detik untuk mengancurkannya." dulu kata-kata itu suka gue bilang ke si rama, buat nyemangatin dia nembak cewe yang dia suka.

namun keadaan berbalik.

"Goodnight baby have a goodnight sleep, if you cant find your dreams count a thousand sheep. Meet me on the pillow St." tiap malem biasanya gue kirim sms ini, sebuah penggalan lirik lagu yang suka gue dengerin sebelum tidur. lagu Andre Harihandoyo and Sonic People-Pillow St. tapi sekarang semua itu hanyalah debu yang tertiup angin. dia melayang, dan tidak menentu akan hinggap dimana.

bibir gue sebenenya pengen ngomong sesuatu, sesuatu yang bisa bikin dia jadi milik gue. Harapan itu sirna sekarang.

"Lihat bulan sabit diatas." kata seorang cowo pada cewenya
"iya, aku liat kok." jawab si cewe
"dia itu senyum buat kamu." si cowo mencoba untuk merayu
"oh." jawabnya singkat

mungkin diatas cuman percakapan biasa. tapi bayangin betapa gendoknya si cowo saat itu. mungkin diatas juga nge-gambarin kondisi si cowo sekarang. GENDOK.

"udah makan belum?" tanya si cowo
"belum nih, tapi udah laper. kamu?" jawab si cewe penuh perhatian
"yaudah, kita makan bareng aja yuk." jawabnya

Singkat, tapi penuh makna. si cowo mungkin akan tersenyum seperti bulan sabit yang pernah ia lihat. itulah keadaan si cowo dulu. KASMARAN.

jujur, gue pengen dia yang dulu. gue pengen nembak dia. kenapa pas gue lagi suka banget sama dia, dia malah gitu. sebuah tanda tanya besar yang ada di otak gue.

gue belum sepenuhnya percaya semua ini sirna, sebab Gue gak yakin dengan pepatah yang bilang, Kesempatan cuman datang 1 kali.

gue yakin, kesempatan itu datang 2 kali, tapi setelah kamu nyesalin kesempatan yang pertama. saat menyesali itulah harusnya kamu mencoba mendorong semangat, agar kesempatan datang 2 kali.

Sekarang gue hanya duduk dan menanti. Akankah dia kembali?

_this is my words for you darl_
»»  READMORE...
Bagaimana? 
0 comments Links to this post

Usus yang buntu #1

14/11/10 - Posted by Gilang Fathur at 13.46


Ini pengalaman gue pertama kalinya masuk rumah sakit, eh 2x deng, pas dulu taun 1995 gue dilahirin. Hehe

Perkenankan gue nulis pengalaman gue di operasi.


Hari sabtu itu, cuaca terasa biasa-biasa, hidup gue agak normal. Di sekolah kira-kira jam 8 perut gue mules banget, tapi sebelumnya gue fit, gue kira cuman masuk angin sih. Di kelas, gue Cuma bisa megang perut, sakit men. Gue pun cepet-cepet minta obat maag ke si hervie, soalnya gue juga waktu itu maag. Obat udah diminum, tapi tetep sakit, akhirnya gue ke pmr.


Di ruang pmr, gue di tidurin (astagfirullah). Maksudnya gue tiduran. Gue tiduran di kasur, langit-langit di atas kepala gue kebetulan bolong, jadi dingin banget. Gue pun minta yang anget-anget ke si hervie, kebetulan dia juga anak pmr. Si hervie pergi ke warung beli energen, sedangkan gue udah kaya orang sekarat di kasur.

“gil, nih energen.” Sambil ngasihin energen coklat.

“ahhh, saya lebih suka yang vanilla.” Kata gue sambil ngambil tuh energen.


Gue baru minum 1 sedot *srooot*, tiba-tiba gue mual, pengen berlian, eh pengen muntah. Gue coba nahan, tapi gak kuat. Gue pun pergi ke wc dibelakang deket sanggar pramuka, dan gue muntah disitu, kira-kira gue bolak-balik nyampe 3x. Gue pun nelpon bokap, dan dia nyuruh pulang aja.


Gue balik lagi ke pmr, tiduran sambil mikir(sambil megang perut pastinya) apa penyebabnya?

Apa gue salah makan? Perasaan enggak.

Apa karena tadi pagi di kelas gue dangdutan sama si fadli? Kayanya kurang logis.


Gue coba mutusin pulang. O iya, sebelumnya dikelas pas gue lagi mules. Ada wali kelas gue marah-marahin gue, soalnya belum bikin organigram kelas. Si ibu kayanya agak kesel liat omongannya gak di dengerin. Hehe. Dia juga ngira gue sakit boongan, Cuma masuk angin doang.


Lanjut lagi..

Gue coba mutusin pulang, gue ke piket sama si hervie. Berhubung daddy’s guru disana, jadi gak terlalu susah buat minta izin. Gue pulang dianterin si hervie, hari itu si hervie kaya asisten gue, o iya si hervie tuh km+temen sebangku gue. Pas nyampe depan gang rumah gue, gue minta brenti ke dia. Dan again! Gue muntah.

Dateng ke rumah muka gue pucet banget, kaya vampire twilight, kebetulan gue mirip Robert pattinson.

Gue cepet ngambil ember, buat kalo-kalo ntar gue pengen muntah. Si mamah kaget dengan keadaan gue saat itu. Kebetulan bokap gue lagi pergi ke orang meninggal. Si mamah langsung nelpon bina sehat, ternyata tutup lagi istirahat, baru buka lagi sore. Mau dibawa kemana gue? .


Gue dipijit sama bapo, enaaaaak banget! Mereka kira gue Cuma masuk angin. Soalnya kemaren sore gue ujan-ujanan abis pulang renang sama si tomy. Gue dikasih air teh, tapi keluar lagi. Jadi, makanan/minuman yang gue masukin ke mulut, pasti kira-kira 20 menit kemudian gue muntahin. lambung gue nolak.

Gue coba tiduran di sofa, paling gue Cuma bisa tidur 10 menit.


Sorenya gue ke bina sehat, klinik yang biasa gue kunjungin dari kecil, sampe-sampe apotekernya kenal. Nyampe disana, dokternya belum dateng. Gue udah lemes, badan gue udah dingin.

Disini semuanya diketahui..


Di ruang tunggu, gue coba tenang. Pas gue mau tumpang kaki, dan OUCH!! Perut-kanan-bawah gue sakit, gue coba ulangin lagi dan hasilnya sama. Ada yang gak beres nih. Gue coba cerita ke dokter. gue kurang beruntung saat itu, dokter gue cowo, gue paling suka dokter yang cewe waktu itu. Cantiiiiiiiiiiiiik banget, dokter lagi! Aduhai.

Dan bener aja dugaan gue, gue disuruh usg. Disuruh diperiksa usus gue, kirain usg itu Cuma buat yang hamil aja.

Bokap gue dipanggil, dan bener aja, di rumah, dia ngomong kalo gue harus ditindak lanjuti. Gue harus dibawa ke rumah sakit coy.


Sore itu langsung keluarga pada bingung, mau dibawa kemana gue? Ke rs mana? Yang satu suruh dibawa ke Rs. Soreang, tapi gue nolak, soalnya kurang funky. Yang satu ke boromeus, tapi gue nolak, soalnya katanya susternya pada galak. Yang satu suruh bawa ke Immanuel, tapi gue nolak, soalnya susternya udah pada tua. Akhirnya, gue sepakat dibawa ke Rs. Santosa.


Gue pun digendong sama uwa gue ke mobil, mobil pun meluncur, gue pun tetep kritis. Baru sampe jalan cirangrang (deket tol). Mobil gue mogok, kroook! Krook! Krook! *itu suara mobil gue pas di starter*

“ah, mogok nih” kata ipar gue

“yaudah nyari taksi aja” kata bokap gue sambil kebingungan


Sementara gue masih tidak sadarkan diri.


Tuhan masih mau nolong gue, malem itu langsung ada taksi lewat. Gue dibawa ke taksi.

Di dalem taksi bokap malah ngobrol sama si sopir. Sementara nyokap baca-baca ayat qur’an buat gue.

Nyampe di Rs jam 8 malem, gue langsung disambut, bukan pake ucapan selamat datang atau apa, tapi pake kursi roda. Gue pun naik kursi roda. Langsung dibawa ke UGD


Gue dibaringin di ranjang, tapi ranjang itu bukan pake kasur, tapi sejenis matras. Sambil gue berbaring, gue liat-liat sekeliling. Rumah sakitnya oke juga.

Lalu datang 2 perawat, yang 1 ngajak kenalan. Gue kasih tau aja nama gue gilang, tapi dia gak ngasih tau namanya. Rambutnya pendek, pake masker, kaya perawat biasanya deh.


“mas, minta tangannya.” Kata dia, dan gue julurin tangan gue.

“ini mba.” Kata gue sambil lemes.

Setelah itu dia pergi, jalannya lenggak-lenggok, dan datang 20 menit kemudian.

“mba, keputusan saya gimana?.”

“nunggu dokternya dulu ya mas.”


Pas dia lagi meriksa gue, gue gak sengaja liat name tag nya. Namanya TAUFIK !!!

Buset, orang yang daritadi gue panggil mba ternyata cowo yang agak ngondek cyin. Gue pengen ketawa, tapi sakit. Yaudah, gue ketawa dalam hati aja. (emangnya berdoa aja yang bisa?)


Lalu, dateng kakak sama cewenya gue yang tadinya mau nonton Resident Evil: After Life, tapi gak jadi karena gue dirawat.


Gue minta fotoin ke cewenya, sena namanya, dan disuruh di update di twitter. Intinya di mention ke si @superdikka (temen smp gue), biar temen-temen gue pada tau gue lagi kritis. *masih sempet ya gue narsis*

Jam 10 gue masih di UGD, gue pun di cek darah.


Jess! Croot! Jarum suntik dimasukan, dan nyedot darah gue.

“bu, ntar udah ini gilang kasih minum ya, air minumnya yang dari rumah sakit, soalnya mau diperiksa USG, ntar kalo udah mau kencing, beritahu ke depan.” Kata si mas Taufik ke nyokap.

Semenjak perkataan itu, gue disuruh minum. Gue kaya di glonggong, kaya sapi.


Gue mau pipis. Dan gue pun dibawa ke ruangan USG, gue kaya orang hamil saat itu.

»»  READMORE...
Bagaimana? 
0 comments Links to this post

Usus yang buntu #2

Posted by Gilang Fathur at 13.35

Sampe mana tadi ? o iya ruangan USG


Di dalem ruangan USG gue di diemin, dingin ac, 15 menit kemudian dokter USG dateng. Biasa, dia ngajak kenalan dulu.


Si dokter ngeluarin alatnya dan pake sarung tangan biar gak flu burung (emangnya gue ayam jago), terus ngeluarin semacam odol bening gitu, odol itu diolesin ke alatnya.

Gue suruh nunjukin mana yang sakit, dan Crot!! Dingin!! Alat itu ditempelin ke badan gue, uh.. ah.. ehm.. JANGAN JOROK DULU!!!


Entah bagian apa aja bagian yang diperiksa, tapi yang pengen banget mukul tuh dokter pas bagian usus buntu gue.

“dok, pelan-pelan dok.” Kata gue sambil pengen nelen tuh dokter.

“ahhh, gak apa-apa kok mas, Cuma bentar kok.”

Kata “Cuma bentar kok.” Itu yang bikin gue pengen masukin ke kandang buaya. Padahal udah ampir setengah jam gue disitu.

Akhirnya beres juga. Gue pun keringetan.


Gue dibawa ke UGD lagi, dan si dokter yang mau bedah gue pun dateng.

Cara jalannya kaya orang beres disunat, kepalanya pitak, dan agak keturunan tiong hoa gitu.

Dia meriksa gue.

“bu, ini positif, besok operasi ya jam 8 pagi, mulai sekarang puasa.” Kata dia ke nyokap.


WHAT??? OPERASI????


Gue baru kali ini sakit separah ini, sampe di operasi segala.


Gue dibawa ke ruangan gue, di ruangan ruby timur kalo gak salah. Gue pun tidur.

Pagi harinya gue bangun jam setengah 7. Gue liat perawat-perawat yang manis-manis mondar-mandir kaya setrikaan.


Gue pengen mandi. Lalu ada perawat nyamperin.

“mas, mau di seka?” Tanya dia.

Gue masih bingung, apa itu seka?

“apaan mba seka?”

“di lap mas, mau gak?”

“oh iya boleh, tapi sama mamah ya.”

“iya boleh, tunggu sebentar ya.” Dia pergi ngambil tuh barang.


Gue pun di seka sama nyokap, trus disuruh pake baju buat operasi.


Gue pergu ke kamar mandi, dan ganti baju buat operasi. Buset, ini baju melorot-melorot mulu. Mana gue gak pake daleman lagi. Amboi tenan.


Gue balik ke ranjang, terus nyokap gue pulang dulu, katanya mau ngambil uang dulu. Tapi gue ditemenin kakak waktu itu.


Gue tiduran sambil denger lagu-lagunya Adhitia Sofyan di iPod. Dalam keadaan kritis gini, gue masih inget sama cewe yang baru aja gue keceng. Dia satu sekolahan. Pas malemnya gue wall dia di facebook, dia jawab singkat dengan satu kata “ya.” . dia belum tau gue yang mana, tapi gue janji kita bakal ketemu kalo gue udah sembuh.


O iya, waktu itu gue baru buka hape. Dan banyak banget sms yang nanya-nanyain gue. Gue gak sempet bales semua.

Tapi, waktu itu ada sms dari si aldy (temen smp gue) yang bikin gue terharu. Kurang lebih kaya gini smsnya:

“temen-temen mohon doanya, temen kita gilang fathur sakit usus buntu. Doain dia biar cepet sembuh, biar bisa ngehibur kita lagi. Cepet sembuh lang :)”

Sungguh baik dia, walopun dulu sering gue jailin. Hehe


Di twitter juga gitu, banyak yang mention gue, termasuk @adhitiasofyan yang sebelumnya gue mention kaya gini:

“nunggu operasi usus buntu sambil denger lagunya @adhitiasofyan . adem banget.”

Si @superdikka juga temen gue yang banyak mention gue di twitter. Ada juga @puterilp @ratnadzul @erienelien @sherlywitwit @wilyanisc @TiaraFMadyan . banyak dehhh


Lanjut ke cerita, gue ketiduran waktu itu. Rencananya yang mau operasi jam 8, jadi setengah 9.

Gak lama kemudian, ranjang gue digusur ke ruang operasi. Gue deg-degan. Nyokap gue masih di bawah waktu itu, gue ditemenin kakak gue.


Gue pun masuk ruang operasi. Banyak dokter bedah disana. Gue kedinginan gara-gara ac. Gue dipindahin ke ranjang yang berbeda.


Terus si dokter meriksa gue lagi. Dan gue kaget pas celana gue diperosotin. Udah tau gue gak pake apa-apa. Gue takut diapa-apain sama tuh dokter.

Ada dokter bedah yang satunya lagi deketin gue.

“mas, disuntik dulu ya, ini obatnya agak berat. Tarik napas mas.... ya, udah.”

Waktu itu gue gak ngomong, sebenernya gue pengen nendang tuh dokter. Tapi gue takut, ntar gimana kalo usus gue diganti sama usus ayam.


Setelah dikasih suntikan yang tadi, mata gue berat banget. Mungkin ini yang dinamakan bius. Tapi enak loh. Sumpah.

Gue liat si dokter utama suruh gue ngitung angka.

“ayo lang, 1..2..3”


Gue gak ngitung, tapi gue liat jari-jarinya ngacungin 123.

1.. mata gue jadi berat.

2.. mata gue jadi sipit.

3.. gue tidur gak sadarkan diri.


Hening...


Gue bangun, gue masih ada di ruangan deket ruang operasi. Nyokap gue disamping gue, sambil komat-kamit baca doa buat gue.

“gil, baca surat ayat kursi.”


Gue ngangguk.


Tapi, gue lupa lagi ayat kursi yang full. Hehe maklum masih gak konek. Tapi sekarang hafal kok.

Gue dibawa ke ruangan gue, dan tidur.


Dari sore sampe malem. Banyak yang jenguk gue, termasuk wali kelas gue, Bu Mimin.

“gilang, kenapa atuh?” kata bu mimin.

“ehehe, sakit bu.”

“kirain teh kemaren boongan sakitnya pas di kelas, kirain Cuma masuk angin.”

“ehehe, kalo masuk angin gak bakal dibawa ke rumah sakit bu.”


Bu mimin pun ngobrol sama nyokap dan pulang.


Pas malem, sekitar jam 8. Gue pengen pipis. Gue diambilin pispot sama nyokap. Nyokap gue nutup tirai, dan nunggu diluar.


Tapi gue udah paksa, belum keluar juga. Yaudah gue nekat aja ke kamar mandi. Dan bener, pas di kamar mandi baru keluar. Good boy !


Gue balik ke ranjang. Tidur.


Biasa, tiap pagi ada yang nawarin seka. Sekarang gue udah ngerti apa itu seka. Pas ada yang nawarin sekanya cantik, gue langsung semanget.

“mba, saya mau diseka.” Kata gue

“iya, tunggu ya mas.”

Lah, tiba-tiba yang seka gue berubah wujud. Dia jadi gendut. Dia bukan yang tadi gue minta. Ahhh, tapi tak apa lah, daripada nggak.


Gue udah bisa makan sekarang, tapi gue malah dikasih semacam bubur bayi, tapi ini susu. Cara minumya pake sedotan. *ya iyalah*

Rasanya gak enak, manis tapi eneg.

2 hari gue dikasih itu. Tapi gue gak nyerah, gue tetep bisa idup dengan makan itu.


4 hari gue disana, banyak cerita yang gak bisa gue lupain. Dari perawat cowo gue yang baik, sampe yang bencong. Dari yang cantik, sampe yang biasa aja. Dari makan bubur bayi, sampe bubur Rumah sakit yang enak banget.


Gue kapok ke rumah sakit lagi, mendingan dirumah aja. Bisa main Nintendo wii sambil makan es krim, bisa tiduran dikamar sambil dengerin lagu, bisa smsan sama cewe yang gue kecengin sambil ngupil.


Sakit itu gak ada yang enak, bersyukurlah kita masih bisa sehat, masih bisa makan enak. Banyak mereka yang sakitnya udah akut, masih dikasih obat warung. Gue bersyukur keluarga gue masih mampu. Gue jadi inget lirik d’masiv:


“syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah.”

»»  READMORE...
Bagaimana? 
0 comments Links to this post

Pergaulan oh.. Pergaulan

11/10/10 - Posted by Gilang Fathur at 18.29

*Bentar men, pantat gue belum pw… akhirnya*

Oke, sekarang gue mau ngomongin tentang pergaulan anak sma jaman sekarang. Berhubung gue termasuk anak sma jaman sekarang, dan gue juga bakal meluruskan temen-temen yang baca blog ini ke jalan yang lurus (agak dikit bengkok sih, dikit banget).


Tau kan pergaulan anak sma jaman sekarang? Adanya seks bebas, miras, narkoba, n geng motor. Tapi yang lagi ngetop-ngetopnya sih geng 4LaY. Dan ingat, jangan sekali-kali nyobain tulisan diatas.

Mau tau gaul gue di sekolah? Yang gak mau tau gue telen.

Disekolah, gue tuh kaya anak biasa-biasa aja. Ikutan ekskul pramuka, main sama si hikmat, bariq, vega, dan pembeli soto si *sayang*.


Kalo menurut gue sih, gaul itu biasa-biasa aja. Ada yang bilang gak masuk geng motor gak gaul, gak pernah minum-minum gak gaul, sampe yang belum pernah menggauli/digauli gak gaul. Enak sih kalo mereka saling pengertian kaya gini:


“cewe, prikitiw !” kata si cowo yang lagi nongkrong di pom bensin sambil ngeroko (sableng!)

“iya mas, ada apa?” jawab si cewe

“anak gaul ya?”

“kayanya sih gitu, aku belum pernah di…. Ehmmm uhhhh DIGAULI !”

“asik! Pasti mau dong gaul? Sini abang gauli !”

PLAK!! Cerita diatas (yang udah pasaran) Cuma boongan, kalo emang bener ada yang kaya gitu, mungkin kebetulan. Ato nggak, emang dunia semakin aneh, udah terbalik. Cewe pacaran sama cewe, begitu sebaliknya.

Kalo menurut gue, gaul tuh kaya gini:


GAnteng kaya gilang Unik tapi Lemot. Kok aneh ya?

Gaul itu bagusnya kalo dibarengi dengan rasa Nasionalisme yang tinggi. Emang sih, sekarang banyak baju yang gaul bertemakan nasionalisme. Tapi jika tidak dibarengi dengan hati hasilnya bakal nihil. Indah banget kayanya kalo anak kecil udah gak nyanyi lagu dewasa lagi. Mereka nyanyi garuda pancasila, tanah airku, dll. Ato nggak orang dewasa mulai nyiptain lagu Nasionalisme yang pas buat anak-anak. Udah ada sih yang nyiptain, tapi gak pas buat anak-anak.


Udah ada juga umay yang nyiptain lagu jagoan sejati(kalo gak salah) keren sih maknanya, tapi anak-anak lebih memilih lagu dewasa.

Kok jadi ngomongin yang kayak gini??

Kayaknya pergaulan sekarang udah salah, fatal malahan.

Sekarang buka pikiran kalian, inilah gaul yang salah,


GENG MOTOR.

apa untungnya masuk geng motor? Kalo kata bu lina, guru sosiologi gue. emang geng motor itu organisasi, emang kalian bisa dapet temen banyak, tapi geng motor itu hukum adatnya salah, coba kalo hukum adatnya misalkan bantu korban banjir ato gak bersihin jalan ato acara sosial gitu, pasti masyarat bakal berpikiran positif. Gak bakal ada lagi geng yang nge-bunuh, ato jambret.

So, mending masuk organisasi yang pasti-pasti aja. No Anarchy, and always helping with charity.


MIRAS

Miras itu Cuma nge-rusak badan, malah menjadi senjata mematikan buat nge-bunuh diri sendiri, Bahkan kemaren ada awak sukhoi yang tewas gara-gara miras, emang sih kalo di rusia minuman kaya gitu buat penghangat, tapi pas mereka masih minum nyampe indonesia, iklim beda, alhasil mereka mati. Banyak orang meninggal gara-gara miras, banyak orang merkosa gara-gara pengaruh miras, yang sampe nge-bunuh juga ada. Bayangin, duit 10 ribu kalo dibeliin nasgor bakal kenyang, tapi kalo 10ribu patungan buat beli yang kaya gitu, apa enaknya. Kenyang? Nggak, Sehat? Boro-boro. Yang ada Cuma bikin halusinasi tinggi. Dan hasilnya? Kaya yang udah gue sebut tadi.


TAWURAN

Masalahnya biasanya gara-gara hal sepele. Masalah cewe lah, dipalak lah, ato gatau lagi gue juga. Coba kalo tawuran itu secara sehat, gak pake fisik, tapi pake prestasi. Misalnya sma A juara matematika tingkat kota, sma B jangan kalah, mereka harus buat yang lebih dahsyat, juara provinsi, ato lebih bagus nasional. Dengan semangat seperti itu, gak ada lagi yang namanya pelajar mati gara-gara berantem.


NARKOBA

Gak ada gunanya kita beli yang beginian, ini sama aja kaya beli miras, bahkan dampaknya lebih parah, Begitupun harganya. Ada yang nyampe jutaan. Padahal kalo dipikir-pikir, duit jutaan itu bisa lebih berguna kalo kita bisa gunain dengan baik, walaupun dia itu orang kaya. Misalkan harga barang itu 2jt, duit 2jt kalo dibeliin sembako bisa dapet berapa banyak? Terus dikasih ke orang yang emang memerlukannya. Asik kan? Bantu iya, pahala dapet.

Kayanya segitu dulu buat sekarang, maaf kalo jarang posting. Kemaren-kemaren sempet habis ide. Hehe

»»  READMORE...
Bagaimana? 
0 comments Links to this post